Skala Kualitas Udara di Polandia
Air Quality Scale in Poland

Posted on September 3rd 2015
Membagikan: aqicn.org/faq/2015-09-03/air-quality-scale-in-poland/id/

Inspekcja Ochrony Środowiska.
(Inspection of Environmental Protection)

Data Kualitas Udara untuk Polandia telah tersedia selama beberapa waktu, namun baru-baru ini kami mendapat beberapa pertanyaan tentang skala AQI yang digunakan oleh Inspekcja Ochrony Środowiska , yaitu inspeksi regional Perlindungan Lingkungan, dan perbedaannya dengan skala yang digunakan di World Air Proyek Indeks Kualitas. Salah satunya dari Sylwia yang bertanya:

Saya bingung dengan semua angka tersebut, dan mengapa ada perbedaan dengan angka yang tertera di website EPA Warsawa.

Bisakah Anda memberi tahu saya tentang sumber data di Warsawa dan keandalan data yang Anda berikan?

Ini sebenarnya adalah pertanyaan yang sangat bagus, karena, jika menyangkut data, tidak seorang pun boleh menganggap data sebagai sesuatu yang "diberikan" (mengacu pada pembicaraan TED yang sangat bagus dari Talithia Williams tentang 'Miliki data tubuh Anda'). Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa proyek Indeks Kualitas Udara Dunia ada, yaitu untuk menjelaskan kepada semua orang bagaimana memahami angka-angka di balik polusi udara.



--

Sumber Data Kualitas Udara

Untuk menjawab pertanyaan pertama tentang sumber data kami, layanan Indeks Kualitas Udara Dunia hanya menggunakan data yang diukur dan dipublikasikan secara resmi. Dengan kata lain, pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia, kami tidak melakukan pemantauan Kualitas Udara sendiri. Sebaliknya, kami mengandalkan EPA masing-masing negara untuk mengoperasikan dan memelihara jaringan pemantauan mereka sendiri [1]

Dalam kasus Warsawa, data diukur oleh Inspektorat Regional untuk Perlindungan Lingkungan di Warsawa (Wojewódzki Inspektorat Ochrony Środowiska w Warszawie) . Mereka menyediakan data menggunakan AQI Polandia (disebut Indeks Jakości Powietrza, alias IJP), serta konsentrasi mentah untuk PM 2.5 , PM 10 , Ozon, dll. Anda dapat melihat data dari layanan peta mereka.

AQI Polandia: Indeks Jakości Powietrza

IJP (Indeks jakości powietrza) menentukan kode warna dan skalanya sendiri, yang dirangkum dalam tabel di bawah. Perhatikan bahwa standar warna yang digunakan oleh IJP tidak sepenuhnya setara dengan standar EPA AQI AS, namun hal tersebut akan kita bahas secara detail nanti.

Air quality Recommendations for population
0-1 Very good (Excellent)
Bardzo dobry
The air quality is good. The air pollution pose no threat. The conditions ideal for outdoor activities.
Jakośc powietrza jest dobra. Zanieczyszczenia powietrza nie stanowią zagrożenia. Warunki idealne na aktywności na zewnątrz.
1-3 Good
Dobry
Air quality is still good. The air pollution pose minimal risk to exposed persons. Conditions very good for outdoor activities.
Jakość powietrza jest wciąż dobra. Zanieczyszczenia powietrza stanowią minimalne zagrożenie dla osób narażonych na ryzyko. Warunki bardzo dobre na aktywności na zewnątrz.
3-5 Moderate
Umiarkowany
Air quality is acceptable. Air pollution can endanger people at risk. Conditions good for for outdoor activities.
Jakośc powietrza jest akceptowalna. Zanieczyszczenia powietrza mogą stanowić zagrożenie dla osób narażonych na ryzyko. Warunki dobre na na aktywności na zewnątrz.
5-7 Satisfactory
Dostateczny
Air quality is average. The air pollution pose a threat for people at risk * which may experience health effects. Other people should limit spending time outdoors, especially when they experience symptoms such as cough or sore throat.
Jakośc powietrza jest średnia. Zanieczyszczenia powietrza stanowią zagrożenie dla osób narażonych na ryzyko* które mogą odczuwać skutki zdrowotne. Pozostałe osoby powinny ograniczyć spędzanie czasu na zewnątrz, zwłaszcza gdy doświadczą takich symptomów jak kaszel lub podrażnione gardło.
7-10 Bad
Zły
Air quality is bad. People at risk * should avoid to go outside. The rest should be ograniczyć.Nie are recommended for outdoor activities.
Jakość powietrza jest zła. Osoby narażone na ryzyko* powinny unikać wyjść na zewnątrz. Pozostali powinni je ograniczyć.Nie zalecane są aktywnośći na zewnątrz.
10+ Hazardous
Bardzo zły
The quality of air is dangerously wrong. Those at risk should be avoided to go outside. The others should limit the output to minimum.Wszelkie outdoor activities are discouraged. Jakośc powietrza jest niebezpiecznie zła. Osoby narażone na ryzyko powinny bezwzględnie unikać wyjść na zewnątrz. Pozostali powinni ograniczyć wyjścia do minimum.Wszelkie aktywności na zewnątrz są odradzane.

Perhitungan Indeks Jakości Powietrza (IJP).

IJP dihitung menggunakan rumus yang memperhitungkan konsentrasi beberapa polutan. Hampir setiap negara memiliki rumusnya masing-masing, dan dalam kasus Polandia, rumus berbasis "maks" digunakan:

$$IJP = max( {O_3(1h) \over 120}, {NO_2(1h) \over 120}, {SO_2(1h) \over 120}, {CO(1h) \over 120}, {PM_{10}(1h) \over 100}, {PM_{2.5}(1h) \over 60}, {Benzen(1h) \over 40} ) x 5.$$

Mungkin terlihat agak barbar, namun sebenarnya formula ini sangat mirip dengan formula yang digunakan oleh EPA AS (dan juga pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia), kecuali 4 perbedaan utama:

  • Skala IJP berkisar dari 0 hingga 10, sedangkan untuk EPA AS, berkisar dari 0 hingga 500. Perhatikan bahwa standar lain seperti standar AQHI Hong Kong juga menggunakan skala dari 0 hingga 10, ini tidak masalah.

  • Breakpoint yang digunakan dalam IJP bersifat linier untuk setiap polutan, sedangkan untuk US EPA tidak linier. Breakpoint yang digunakan dalam standar EPA AS dijelaskan dalam artikel ini .

  • IJP memasukkan Benzen ke dalam daftar polutan, sedangkan US EPA tidak. Ini merupakan hal yang sangat positif bagi IJP karena Benzen diketahui sangat bersifat kanker.

  • IJP didasarkan pada pembacaan 1 jam, sedangkan standar EPA AS secara teori didasarkan pada rata-rata 24 jam. Sekali lagi, ini adalah poin yang sangat bagus dari IJP, karena kami mempromosikan penggunaan pembacaan 1 jam secara universal melalui laporan Pemeran Instan kami.

Perbandingan AQI EPA AS dan IJP Polandia

Karena grafik lebih baik dibandingkan kalimat panjang, maka grafik interaktif berikut ini merupakan perbandingan skala AQI dan IJP untuk PM 2.5 dan PM 10 . Anda cukup mengarahkan kursor ke grafik untuk melihat perbandingan AQI, IJP, dan konsentrasi mentah.




Notes:
  • PM 2.5 paling sering merupakan polutan dominan (dibandingkan dengan PM 10 ), jadi kita akan melihat lebih dekat PM 2.5 di artikel ini.
  • Indeks Kualitas Udara Umum Eropa ( CAQI ) ditambahkan untuk tujuan referensi, namun tidak akan digunakan dalam analisis.

Memahami perbedaannya

Saat membandingkan skala IJP dan AQI untuk PM 2.5 , kebingungan dapat muncul dari kedua sisi skala:

  • Ketika Kualitas Udara Baik, pembacaan Sedang menggunakan standar EPA AS setara dengan Baik ( Dobry ) dengan IJP. Dan Kelompok Moderat ( Umiarkowany ) yang menggunakan IJP setara dengan Kelompok Tidak Sehat untuk Kelompok Sensitif yang menggunakan standar EPA AS.

  • Ketika Udara tercemar, standar IJP menetapkan ambang batas rendah yang sangat konservatif, pada tingkat sedemikian rupa sehingga pembacaan Tidak Sehat menggunakan standar EPA AS dapat setara dengan Berbahaya ( Bardzo zły ) dengan IJP.

Empat grafik di bawah merangkum perbedaan antara dua standar untuk stasiun Komunikacyjna di Warsawa selama 5 hari terakhir (PM 2.5 di sebelah kiri, dan PM 10 di sebelah kanan).



PM2.5 US EPA AQI (Air Quality Index) - Instant Cast based:
PM2.5 POLAND IJP (Indeks jakości powietrza):
PM10 US EPA AQI (Air Quality Index) - Instant Cast based:
PM10 POLAND IJP (Indeks jakości powietrza):

Kita dapat melihat dengan jelas kesetaraan antara IJP hijau dan AQI kuning untuk skala PM 2.5 (di sebelah kiri). Jika kita mengabstraksi perbedaan pertukaran warna ini, maka jelas bahwa kedua skala melaporkan tingkat polusi yang serupa.

Untuk PM 10 , sedangkan untuk AQI EPA AS indeksnya selalu lebih rendah dari indeks PM 2.5 , untuk IJP sebenarnya indeks PM 10 sama atau lebih tinggi dari indeks PM 2.5 .

Biasanya, PM 2.5 diperkirakan lebih berbahaya daripada PM 10 (seperti yang dijelaskan dalam artikel ini), jadi kita harus membahas kembali perbedaan ini di artikel selanjutnya (terutama melihat faktor korelasi antara PM 10 dan PM 2.5 berdasarkan data empiris untuk AS, Eropa dan Polandia).

Tentang polutan lainnya

Di antara semua polutan lainnya, Ozon (O 3 ) adalah salah satu polutan yang paling mungkin menjadi polutan dominan kedua. Telah diketahui bahwa standar Ozon 1 jam EPA AS tidak sekonservatif standar lain yang ada (lihat artikel ini ), dan IJP menegaskan aturan ini. Dua grafik di bawah ini menunjukkan Indeks Ozon untuk AQI dan IJP.

US EPA AQI (Air Quality Index) - Instant Cast based:

POLAND IJP (Indeks jakości powietrza):

Note that the Ozone scale for the US EPA AQI requires concentrations to be expressed in ppb, while for the IJP it is mg/m3.

Perhatikan bahwa breakpoint Ozon IJP yang ditentukan di sojp.wios.warszawa.pl menunjukkan breakpoint serupa untuk level 1 jam dan 8 jam; kami berasumsi bahwa ini adalah kesalahan ketik karena kita memperkirakan level breakpoint yang lebih rendah untuk level 1 jam dibandingkan dengan level 8 jam. Kami menghubungi EPA Warsawa dan akan memperbarui artikel ini berdasarkan jawaban mereka.

Polutan lain yang layak untuk dicermati lebih dalam adalah Benzen, karena IJP merupakan salah satu skala langka yang memperhitungkan Benzen dalam penghitungan Indeks. Untungnya, indeks terkait selama 10 hari terakhir menunjukkan bahwa konsentrasi benzen selalu berada dalam kisaran [0-1] "sangat baik", jadi bukan "masalah sehari-hari" seperti PM2.5 yang suatu saat nanti bisa terjadi. menjadi.

Kesimpulan

Di satu sisi, ada beberapa perbaikan yang sangat baik dalam standar Indeks Jakości Powietrza yang ditentukan oleh EPA Polandia: Menggunakan pembacaan 1 jam, memasukkan lebih banyak polutan seperti Benzen dan menurunkan ambang batas tingkat Berbahaya; Semua hal tersebut harus dipromosikan ke seluruh dunia dan kami akan memperluas penghitungan AQI proyek Indeks Kualitas Udara Dunia agar juga memperhitungkan Benzen.

Di sisi lain, mencoba membandingkan IJP dan AQI secara apple-to-apple tidaklah mudah. Saat membuat plot AQI gabungan untuk IJP dan AQI (lihat grafik di bawah), gambarannya lebih seperti membandingkan apel dan pisang . Menurut pengalaman kami, ini adalah faktor yang paling membingungkan ketika membandingkan angka yang disediakan oleh berbagai situs web.

Terakhir, pembelajaran utama adalah mengingat bahwa setiap skala memiliki kekhususannya masing-masing, dan yang paling penting adalah menjaga keragaman dalam skala: Kami mulai percaya bahwa hanya memiliki satu skala yang unik mungkin bukan solusi yang tepat, dan kami kini sedang mengerjakan solusi global yang memungkinkan pengguna memilih skala yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

US EPA Composite AQI (Air Quality Index)
Poland Composite IJP (Indeks jakości powietrza)
EU Composite CAQI (Common Air Quality Index)
Note: the composite calculation is based on PM2.5, PM10 and Ozone only.

Lampiran

Poland IJP US EPA
range color description level range color level description
0 .. 50
Good Air quality is considered satisfactory, and air pollution poses little or no risk 0 .. 1
Bardzo dobry
Very Good
Tidak ada efek
50 .. 100
Moderate Air quality is acceptable; however, for some pollutants there may be a moderate health concern for a very small number of people who are unusually sensitive to air pollution. 1 .. 3
Dobry
Good
Terjadi penurunan pada jarak pandang
100 .. 150
Unhealthy for Sensitive Groups Members of sensitive groups may experience health effects. The general public is not likely to be affected. 3 .. 5
Umiarkowany
Moderate
Jarak pandang turun dan terjadi pengotoran debu di mana-mana
5 .. 7
Dostateczny
Satisfactory
Meningkatnya sensitivitas pada pasien berpenyakit asthma dan bronhitis
150 .. 200
Unhealthy Everyone may begin to experience health effects; members of sensitive groups may experience more serious health effects
7 .. 10
Zły
Bad
Tingkat yang berbahaya bagi semua populasi yang terpapar
10 ..
Bardzo zły
Hazardous
Tingkat yang berbahaya bagi semua populasi yang terpapar
200 .. 300
Very Unhealthy Health warnings of emergency conditions. The entire population is more likely to be affected.
300 .. 500
Hazardous Health alert: everyone may experience more serious health effects


Breakpoints used for the IJP:
PM10 - 1h PM10 - 24h NO2 - 1h CO - 8h O3 - 1h O3 - 8h SO2 - 1h SO2 - 24h Indeks jakości powietrza
Bardzo dobry 0-20 0-20 0-40 0-2000 0-24 0-24 0-70 0-25 0-1
Dobry 20-60 20-60 40-120 2000-6000 24-72 24-72 70-210 25-50 1-3
Umiarkowany 60-100 60-100 120-200 6000-1000 72-120 72-120 210-350 50-100 3-5
Dostateczny 100-140 100-140 200-280 1000-14000 120-168 120-168 350-490 100-125 5-7
Zły 140-200 140-200 280-400 >14000 168-240 168-240 490-700 >125 7-10
Bardzo zły >200 >200 >400 >240 >240 >700 >10



--

Note: Artikel ini adalah bagian dari seri skala Kualitas Udara Seluruh Dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang negara atau benua tertentu, silakan merujuk ke artikel berikut:
Thailand dan Malaysia
-
India
-
China
-
Hong Kong / Kanada (Indeks Kesehatan Kualitas Udara)
-
Amerika Selatan
-
Australia
-
Quebec dan Montreal
-
Singapura
-
Polandia
-
Indonesia
.

Untuk informasi mengenai rata-rata 24 jam yang digunakan atau Ozon dan Materi Partikulat (PM 2.5 ), silakan merujuk ke dua artikel tersebut: Indeks Ozon Tanah - PM 2.5 Pemeran Instan



[1] The monitors are anyways so expensive, estimated 15K€ each, that we could not afford it.
Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius