Nitrogen Dioksida (NO2) di atmosfer kita
Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere

Posted on January 10th 2017
Membagikan: aqicn.org/faq/2017-01-10/nitrogen-dioxyde-no2-in-our-atmosphere/id/
Introduction to Weather and Climate,
Univ. of Arizona (credits)

Pertanyaan umum yang diajukan adalah mengapa konsentrasi nitrogen dioksida (NO 2 ), sulfur dioksida (SO 2 ) dan karbon monoksida (CO) selalu sangat rendah dan apakah pengukurannya bermanfaat?

Untuk menyoroti pentingnya pemantauan zat-zat ini, artikel ini akan menjelaskan dari mana polutan ini berasal dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan kita dan lingkungan.

Singkatnya artikel ini hanya akan fokus pada NO2.


--

Apa itu Nitrogen Dioksida (NO 2 )?

NO 2 adalah gas berwarna coklat kemerahan yang dikeluarkan dari semua mesin pembakaran. Ada dua senyawa utama berbasis nitrogen yang dikeluarkan dari mesin pembakaran: NO 2 dan oksida nitrat (NO). Secara kolektif kedua polutan ini disebut sebagai NO x atau oksida nitrogen.

Figure 1 Simplified cycle of NO and NO2

Untuk meringkas:

  • NO2: Nitrogen Dioxyde
  • NO: Nitric Dioxyde
  • NOx: Oxides of Nitrogen = {NO2+NO}

NO 2 siklus hidup

Pada titik emisi (yaitu pipa knalpot), proporsi NO x adalah sekitar 90% NO dan 10% NO 2 (1).

Setelah beberapa jam berada di atmosfer dan dengan adanya senyawa organik yang mudah menguap (VOC), NO diubah menjadi NO 2 . Reaksi ini dapat terjadi selama beberapa detik hingga beberapa jam (2).

NO 2 bereaksi lebih lanjut dengan zat lain di udara membentuk asam nitrat, partikel dan zat yang disebut PAN (peroksiasil nitrat).

Juga dengan sinar matahari NO 2 dapat diubah kembali menjadi NO dan menghasilkan ozon (O 3 ) sebagai polutan samping. Karena potensi NO 2 untuk menghasilkan polutan "sekunder" ini, maka penting untuk memantau dan mengatur NO 2 .

Bagaimana pengaruh NO 2 terhadap saya?

Paparan NO 2 dalam jangka pendek dan jangka panjang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah pernapasan. Penderita asma, anak kecil, dan orang dewasa yang lebih tua memiliki kepekaan yang meningkat terhadap efeknya (1).

Polutan sekunder yang disebabkan oleh adanya NO2 di atmosfer juga mempunyai dampak buruk tersendiri. PAN bersifat iritan, asam nitrat menyebabkan hujan asam dan partikel serta O3 menyebabkan masalah pernapasan.

Siapa dan apa yang mengeluarkan NOx ?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, emisi NO x berasal dari mesin pembakaran. Namun yang terjadi pada mesin ini adalah reaksi suhu tinggi antara hidrokarbon dalam bahan bakar fosil dengan udara (80% nitrogen). Ada juga sumber emisi NOx alami seperti kebakaran hutan, sambaran petir, namun sebagian besar NO2 di atmosfer disebabkan oleh aktivitas manusia.

Figure 2 Sources of NOx emissions in the USA – 2014

Ada banyak industri berbeda yang mengeluarkan NOx . Gambar (2) menunjukkan sumber emisi NOx di AS yang diukur pada tahun 2014. "Sumber bergerak" , yaitu kendaraan jalan raya, kapal, pesawat terbang, kendaraan pertanian, dll, merupakan penyumbang terbesar. Di AS dan Eropa, kendaraan jalan raya merupakan jenis utama 'sumber bergerak' NO x (1) (3).

Di wilayah di mana kendaraan jalan raya merupakan sumber utama NO x, konsentrasi NO 2 sering kali lebih tinggi pada jam sibuk lalu lintas seperti sekitar pukul 17.00 pada hari kerja seperti yang ditunjukkan pada AQI NO 2 di bawah. Beberapa catatan menarik tambahan:

  • Konsentrasi ozon (O 3 ) meningkat pada siang hari sedangkan konsentrasi NO 2 menurun. Itu karena NO 2 berubah menjadi NO x dengan adanya sinar matahari.
  • Setelah jam 6 sore, konsentrasi NO 2 meningkat karena tidak ada sinar matahari untuk mengubah NO 2 kembali menjadi NO.

Figure 3 Example of AQI in London

Namun di Tiongkok, penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa sumber industri merupakan penghasil emisi NO x terbesar (34% dari total) (4). Inilah sebabnya mengapa tidak ada hubungan yang kuat dengan konsentrasi NO 2 dan lalu lintas pada jam sibuk.

Mengapa konsentrasi NO 2 sangat rendah?

AQI NO 2 biasanya berada pada kisaran 'Baik' dan ditampilkan dalam warna hijau. Namun karena NO 2 diubah menjadi polutan lain yang mempunyai efek negatif, NO 2 di atmosfer masih berdampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan kita. Jika Anda ingin penjelasan lebih rinci tentang NO x di atmosfer kita, lihat dokumen di bawah ini.

Referensi dan Bacaan Lebih Lanjut

1. Office of Research and Development National Center for Environmental Assessment. Integrated science assessment for oxides of nitrogen - Health criteria. North Carolina : United States Enivronmental Protection Authority, 2016. EPA/600/R-15/068.
2. Cheremisinoff, Paul N and Young, Richard Alan. Air Pollution Control and Design Handbook. s.l. : M Dekker, 1977. pp. 672-673. Vol. 2.
3. Urban Air Quality in Europe. Boulter, P G, Borken-Kleefeld, J and Ntziachristos, L. [ed.] M Vianna. Berlin Heidelberg : Springer-Verlag, 2013, Handbook of Environmental Chemistry, Vol. 26, pp. 31-54.
4. NOx emissions in China: historical trends and future perspectives. Zhao, B, et al. 13, 2013, Atmospheric Chemistry and Physics, pp. 9869-9897.
Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius