Stasiun Pemantauan Kualitas Udara UNEP
UNEP Air Quality Monitoring Station

Posted on October 28th 2015
Membagikan: aqicn.org/faq/2015-10-28/unep-air-quality-monitoring-station/id/

Sudah hampir dua bulan sejak rekan-rekan kami di UNEP melakukan langkah menarik untuk mempromosikan gagasan bahwa Kualitas Udara sama pentingnya dengan bisnis lainnya di PBB. Mereka mulai berinvestasi di bidang ini, dan menghasilkan inisiatif luar biasa untuk menciptakan landasan terbuka bagi Stasiun Pemantauan Kualitas Udara yang terjangkau.

Pada tanggal 31 Agustus lalu, dalam siaran pers , tim UNEP DEWA merilis informasi menarik tentang proyek baru mereka, sebuah stasiun Pemantauan Kualitas Udara inovatif yang mereka kembangkan bersama dengan Universitas Nairobi, dan akan menelan biaya hanya 1,5KUSD per unit. Itu setidaknya 10 kali lebih murah daripada BAM dan TOEM tradisional yang dapat ditemukan dengan harga sekitar 15K atau lebih di pasaran (tidak termasuk harga pembelian murni, pemeliharaan dan bahan habis pakai!). Dan mengingat stasiun pemantauan UNEP juga mampu mendeteksi lebih banyak polutan seperti Ozon, NOx dan SOx, hal ini membuatnya lebih murah dibandingkan solusi tradisional secara keseluruhan. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UNEP DEWA yang telah mendorong hal ini dan menjadikannya solusi cetak biru yang terbuka untuk semua.

Sejauh ini, yang kami ketahui tentang perangkat ini adalah tampilannya akan serupa pada gambar ini:


--

Sementara kami menunggu UNEP mengeluarkan cetak biru pertama secara resmi, kami telah melakukan sedikit rekayasa balik (reverse engineering) dari semua informasi yang kami kumpulkan. Spesifikasi perangkatnya sangat mengesankan:

  • Optical Particle Counter PM1, 2.5 and 10 sampling (2 seconds aquisition time)
  • SOx and NOx gas sensor from Alpha Sense.
  • Temperature and Humidity sensor
  • Global Positioning System (GPS)
  • Main controller: Beagle Bone
  • GSM enabled, each station operates as nodes in a network to allow inter-calibration (cool!).
  • Optional ozone (O3) and Volatile Organic Compounds (VOCs) sensors.
  • Monitor ini menggunakan catu daya 12V - satu-satunya informasi yang hilang adalah berapa lama monitor dapat bertahan dengan baterai standar 12V, namun hal tersebut kemungkinan besar sedang dioptimalkan oleh UNEP DEWA dan Universitas Nairobi.

    Dari gambar-gambar yang tersedia dari siaran pers dan brosur , inilah pemahaman terbaik kami tentang bagaimana barang-barang dikemas di dalam kotak.

    Untungnya UNEP akan segera merilis jejaknya sehingga setiap orang dapat berbagi manfaat dari inisiatif luar biasa yang dipimpin oleh tim UNEP DEWA.


    Several new laser-based PM1/PM2.5/PM10 Sensor

    Sementara itu, untuk berkontribusi pada gerakan yang dimulai oleh UNEP, kami telah memutuskan untuk merilis semua informasi yang dikumpulkan selama beberapa bulan terakhir tentang sensor Kualitas Udara Partikulat yang baru. Kami percaya bahwa hal ini sangat penting karena sensor yang berbeda cenderung memberikan pembacaan yang berbeda bahkan ketika ditempatkan secara bersamaan, dan hal ini dapat sangat memusingkan ketika harus memberi tahu masyarakat tentang tingkat polusi udara saat ini.

    Semua eksperimen pengujian langsung dari sensor kami (yang saat ini semuanya ditempatkan di Beijing), beserta penjelasan tentang berbagai sensor dan pengaturan eksperimen dapat ditemukan dari tautan ini: sensor . Perhatikan bahwa ini adalah pekerjaan yang sedang berlangsung: lebih banyak sensor akan ditambahkan segera setelah kami mendapatkan sensor baru. Silakan gunakan umpan data langsung sesuai keinginan Anda, tujuan utama kami adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan umum tentang penginderaan Kualitas Udara.


    --

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai stasiun Pemantauan Kualitas Udara UNEP, Anda dapat menghubungi Sami Dimassi, Kepala Cabang Penjangkauan Negara, Teknologi dan Inovasi DEWA (Divisi Peringatan Dini dan Penilaian), UNEP Nairobi. Situs web: uneplive.unep.org

    Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius