Ikhtisar Indeks Kualitas Udara Nasional India
Overview of India's National Air Quality Index

Posted on May 15th 2015
Membagikan: aqicn.org/faq/2015-05-15/india-national-air-quality-index/id/

Catatan: Pada tanggal 8 Januari 2016, skala AQI yang digunakan pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia untuk semua stasiun di India telah diperbarui agar lebih selaras dengan Standar EPA AS (Ini tidak berlaku untuk Stasiun DPCC di New Delhi yang sudah menggunakan standar Standar EPA AS).

Dari artikel di bawah ini, Anda dapat memahami cara melakukan konversi dari NAQI (Indeks Kualitas Udara Nasional India) ke EPA AQI AS.


Flag of India
(Tiranga, तिरंगा)

Dewan Pengendalian Polusi Pusat India baru-baru ini mengumumkan, pada bulan April 2015, penerbitan Standar Indeks Kualitas Udara Nasional ( NAQI ) India. Semua rincian tentang standar ini tersedia dari CPCB , wikipedia atau dari laporan dari Institut Teknologi India, Kanpur ( iitk.ac.in ).

Hal ini sebenarnya merupakan langkah maju yang sangat penting dalam kesadaran dunia mengenai Kualitas Udara, karena polusi udara di setiap negara sangat spesifik berdasarkan jenis polusi di negara tersebut: Misalnya karena Debu (di Semenanjung Arab), karena Transportasi (New Delhi) atau topografi (Chili).

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat merujuk ke blog Dokter Sarath Guttikunda di urbanemissions.info , khususnya infografis yang sangat bagus untuk New Delhi ini.

Dan tidak mengherankan, Standar Indeks Kualitas Udara Nasional India jauh lebih disesuaikan dengan “ Debu Asia ”, dengan nilai AQI yang jauh lebih tinggi dibandingkan standar EPA AS untuk konsentrasi materi partikulat yang signifikan (PM 10 dan PM 2.5 ). Grafik di bawah ini menunjukkan perbandingan AQI untuk PM10, PM2.5 dan Ozon (cukup gerakkan mouse Anda pada grafik untuk melihat nilai AQI untuk setiap skala).

(Perhatikan bahwa skala Ozon diubah dari µg/m 3 menjadi ppm, seperti yang dijelaskan dalam artikel ini )


--

Catatan: Hal yang menarik untuk diperhatikan adalah bahwa untuk polusi PM 2.5 (yang merupakan sebagian besar polutan terburuk di India seperti halnya Tiongkok dan Asia pada umumnya), nilai AQI sebesar 500 untuk NAQI India setara dengan AQI sebesar 420 di Standar EPA AS - Hal ini karena NAQI jauh lebih ketat dibandingkan EPA AS, dan itu merupakan hal yang baik mengenai NAQI.

Konsekuensinya adalah karena nilai yang diberikan pada portal Kualitas Udara Nasional India (dilakukan oleh iitk) dibatasi hingga maksimum 500, maka konversi AQI pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia kemudian dibatasi hingga maksimum 420. Perlu diperhatikan bahwa ini hanya berlaku untuk pembacaan dari portal Nasional - untuk stasiun DPCC New Delhi, pembacaan diberikan sebagai konsentrasi mentah yang belum dibatasi.


--

Range
- AQI
United States
- NAQI
India
0..50
Good
Good
50..100
Moderate
Satisfactory
100..150
Unhealthy for Sensitive Groups
Moderate
150..200
Unhealthy
200..250
Very Unhealthy
Poor
250..300
300..350
Hazardous
Very Poor
350..400
400..450
Severe
450..500

Secara historis, standar EPA AS telah digunakan pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia untuk melaporkan Kualitas Udara secara real-time di seluruh dunia. Setelah melihat skala AQI di Amerika Latin , kami menyadari bahwa yang membuat dunia kita indah adalah keberagamannya, dan kini kami yakin bahwa hanya memiliki satu skala yang unik mungkin bukan solusi yang tepat untuk semua skala.

Oleh karena itu, kami kini sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna memilih skala AQI yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, bergantung pada lokasi mereka di dunia, namun juga bergantung pada kondisi kesehatan: Misalnya, untuk manusia penderita asma atau masalah pernafasan lainnya, terdapat kebutuhan nyata akan skala AQI yang ekstra aman.

Sementara fitur pemilihan Skala AQI sedang dikembangkan, kami akan tetap menyajikan informasi Kualitas Udara berdasarkan standar US EPA. Jadi, jika Anda melihat adanya perbedaan antara nilai yang dipublikasikan pada Sistem Indeks Kualitas Udara Nasional India yang baru dan proyek Indeks Kualitas Udara Dunia, kemungkinan besar inilah alasannya. Alasan lainnya adalah kami juga mempromosikan penggunaan pelaporan Instant Cast - namun sistem pelaporan NAQI India tampaknya sudah menggunakannya.




--

Note: Artikel ini adalah bagian dari seri skala Kualitas Udara Seluruh Dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang negara atau benua tertentu, silakan merujuk ke artikel berikut:
Thailand dan Malaysia
-
India
-
China
-
Hong Kong / Kanada (Indeks Kesehatan Kualitas Udara)
-
Amerika Selatan
-
Australia
-
Quebec dan Montreal
-
Singapura
-
Polandia
-
Indonesia
.

Untuk informasi mengenai rata-rata 24 jam yang digunakan atau Ozon dan Materi Partikulat (PM 2.5 ), silakan merujuk ke dua artikel tersebut: Indeks Ozon Tanah - PM 2.5 Pemeran Instan

Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius