Perbandingan Skala Kualitas Udara di seluruh dunia - Bagian 1
A comparison of worldwide Air Quality Scales - Part 1

Posted on March 20th 2015
Membagikan: aqicn.org/faq/2015-03-20/a-comparison-of-worldwide-air-quality-scales-part-1/id/

World Health Organization

Sangat sering kami menerima pertanyaan dari pengguna yang menanyakan tentang angka-angka yang dipublikasikan pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia , dan bertanya-tanya tentang perbedaannya dengan nilai-nilai yang dinyatakan di situs web lain. Dan hal ini sebenarnya wajar, karena angka yang disebut juga Indeks Kualitas Udara (AQI) bisa sangat membingungkan bagi pemula. Pesan terakhir yang kami terima adalah sebagai berikut:

Kami telah memeriksa indeks kualitas udara untuk Tianjin, Tiongkok sejak tahun lalu, namun kami menemukan data tersebut memiliki perbedaan besar antara situs web Anda dan situs resmi lainnya (air.tjemc.org.cn) yang juga tercantum di situs Anda. Saya bertanya-tanya mana yang bisa memberikan data lebih akurat, karena akan mempengaruhi keputusan untuk outdoor atau indoor. Tolong bantu saya dengan masalah ini. Terima kasih!

Kami telah menulis cukup banyak tentang masalah ini sebelumnya, misalnya dari data perbandingan PM 2.5 untuk shanghai , PSI singapura dan PM 2.5 AQI dan yang terbaru tentang siaran sekarang .

Namun karena kami masih mendapat banyak pertanyaan, kini kami menulis artikel ini untuk menjelaskan perbedaan skala AQI yang digunakan di seluruh dunia.

Bagian pertama artikel ini akan fokus pada Tiongkok, dan bagian kedua akan memperluas perbandingan timbangan yang digunakan di Jepang, Korea Selatan, India, Thailand, Malaysia, Eropa, Meksiko, dll.

.oOo.

Kembali ke pertanyaan awal mengenai Indeks Kualitas Udara di Tianjin, Tiongkok, dua gambar di bawah ini adalah cuplikan dari situs EPA Tianjin air.tjemc.org.cn. Gambar di sebelah kiri menunjukkan konsentrasi PM 2.5 , dan gambar di sebelah kanan menunjukkan konversi AQI.

1 hour 2 and 24-hours 3 average PM2.5 readings 1 in µg/m3 AQI values 2 and dominent pollutant 3


.oOo.

Mulai dari gambar di sebelah kiri, nilai yang disorot sebagai 2 dan 3 sebenarnya tidak dikonversi ke skala AQI mana pun, namun hanya pembacaan mentah yang dinyatakan dalam mikrogram per meter kubik (µg/ m 3 ). Orang mungkin berpikir bahwa memberikan nilai mentah adalah hal yang aneh, namun hal ini sebenarnya lebih sering terjadi daripada yang diperkirakan.

Banyak Biro Perlindungan Lingkungan (EPB) di seluruh dunia hanya memberikan nilai mentah yang belum dikonversi.



Pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia, hanya nilai yang dikonversi ke skala EPA AS yang disediakan. Untuk mengonversi nilai mentah ke skala EPA AS, Anda cukup menggunakan kalkulator airnow (gambar di sebelah kanan), atau kalkulator yang sama versi kami sendiri:

Cara menggunakan kalkulator ini sederhana: Untuk mengonversi, misalnya, pembacaan PM2.5, pilih polutan PM 2.5 1 , lalu masukkan konsentrasi massa 2 , dan terakhir klik Hitung untuk mendapatkan angka AQI yang sesuai 3 .

Jadi, ketika memeriksa data Kualitas Udara yang disediakan di situs web lain, selalu periksa dengan cermat satuan datanya, dan pastikan untuk mengubahnya ke skala AQI jika dinyatakan dalam µg/ m 3 mentah. Perhatikan bahwa pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia, hanya AQI berdasarkan pembacaan 1 jam (dan bukan rata-rata 24 jam) yang disediakan. Jika ingin mengetahui penjelasannya, cek postingan tentang nowcast ini.

Kemudian, untuk gambar di sebelah kanan (pembacaan AQI), menjadi sedikit lebih rumit karena terdapat berbagai jenis skala AQI di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menawarkan pedoman kualitas udara berdasarkan tinjauan dari akumulasi bukti ilmiah.

Namun hampir setiap negara memiliki skalanya masing-masing, begitu pula dengan Tiongkok yang menggunakan skala yang dikenal dengan HJ 633-2012 . Yang digunakan dalam proyek Indeks Kualitas Udara Dunia adalah skala EPA AS . Namun, karena grafik lebih baik daripada banyak kata, berikut dua skala polutan PM 2.5 .

Yang paling penting adalah memperhatikan bahwa untuk AQI 200 ke atas, kedua skala tersebut memiliki breakpoint yang sama. Jadi, lain kali, ketika memeriksa data Kualitas Udara yang disediakan di situs web lain, selalu periksa data unitnya dengan cermat, dan pastikan untuk memeriksa ulang skala AQI mana yang digunakan.

Di bagian kedua artikel ini, kami akan menulis tentang skala lain yang digunakan di dunia, dan akan ada beberapa kejutan yang sangat menarik, seperti misalnya skala AQI yang digunakan untuk Ulanbaataar dan kisaran polusi rendah 100-250 ...




--

Note: Artikel ini adalah bagian dari seri skala Kualitas Udara Seluruh Dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang negara atau benua tertentu, silakan merujuk ke artikel berikut:
Thailand dan Malaysia
-
India
-
China
-
Hong Kong / Kanada (Indeks Kesehatan Kualitas Udara)
-
Amerika Selatan
-
Australia
-
Quebec dan Montreal
-
Singapura
-
Polandia
-
Indonesia
.

Untuk informasi mengenai rata-rata 24 jam yang digunakan atau Ozon dan Materi Partikulat (PM 2.5 ), silakan merujuk ke dua artikel tersebut: Indeks Ozon Tanah - PM 2.5 Pemeran Instan

Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius