Skala Kualitas Udara Asia Selatan: Malaysia dan Thailand
South Asian Air Quality Scales: Malaysia and Thailand

Posted on May 2nd 2015
Membagikan: aqicn.org/faq/2015-05-02/south-asian-air-quality-scales-malaysia-and-thailand/id/
Flag of Malaysia
(Jalur Gemilang)

Flag of Thailand
ธงไตรรงค์, Thong Trairong
Note: This the second article of series on 'Worldwide Air Quality Scales'.

Kualitas Udara untuk Malaysia telah tersedia sejak lama, namun tidak seperti negara lain, hanya AQI gabungan yang disediakan. AQI untuk masing-masing polutan seperti PM 10 , Ozon... tidak tersedia, sehingga konversi ke skala EPA AS menjadi lebih sulit.

Untungnya, informasi tentang skala AQI yang digunakan di Malaysia, juga dikenal sebagai API (untuk Indeks Pencemar Udara) dijelaskan dengan jelas dalam dokumen ' Panduan Indeks Pencemar Udara di Malaysia '.


--

Untuk PM 10 , API ditentukan menggunakan rumus berikut ( c adalah konsentrasi yang dinyatakan dalam mikrogram per meter kubik (µg/ m 3 ):

if (c<=50) API=c
if (c>50 and c<=350) API=50+(c-50)*.5
if (c>350 and c<=420) API=200+(c-350)*.14286
if (c>420 and c<=500) API=300+(c-420)*1.25
if (c>500) API = 400+(c-500)

Kabar baiknya adalah formula ini sangat mirip dengan formula EPA AS, dan bahkan lebih ketat pada level breakpoint. Kumpulan grafik di bawah ini memberikan perbandingan visual antara skala EPA AS dan skala API Malaysia, untuk PM 10 (kiri) dan Ozon (kanan).


Mengenai skala di Thailand, ada penjelasan yang sangat jelas tersedia di aqmthai.com . Dan sekali lagi, sama seperti di Malaysia, breakpoint yang digunakan untuk skala AQI Thailand lebih ketat dibandingkan skala EPA AS, sehingga menjadikannya skala yang lebih aman.

Thailand juga memiliki kode warna dan deskripsi tingkat AQI sendiri, yang dirangkum dari tabel ini:



US EPAThailand
rangecolorlevelrangecolorleveldescription
0 .. 50
Good0 .. 50
คุณภาพดี (high quality)ไม่มีผลกระทบต่อสุขภาพ (No health effects)
50 .. 100
Moderate50 .. 100
คุณภาพปานกลาง (medium quality)ไม่มีผลกระทบต่อสุขภาพ (No health effects)
100 .. 150
Unhealthy for Sensitive Groups100 .. 200
มีผลกระทบต่อสุขภาพ (there are health effects)ผู้ป่วยโรคระบบทางเดินหายใจ ควรหลีกเลี่ยงการออกกำลังภายนอกอาคาร
บุคคลทั่วไป โดยเฉพาะเด็กและผู้สูงอายุ ไม่ควรทำกิจกรรมภายนอกอาคารเป็นเวลานาน (Patients with respiratory depression. Avoid exercising outdoors. Visitors, especially children and the elderly. Avoid prolonged outdoor activities.)
150 .. 200
Unhealthy
200 .. 300
Very Unhealthy200 .. 300
มีผลกระทบต่อสุขภาพมาก (affects health)ผู้ป่วยโรคระบบทางเดินหายใจ ควรหลีกเลี่ยงกิจกรรมภายนอกอาคาร
บุคคลทั่วไป โดยเฉพาะเด็กและผู้สูงอายุ ควรจำกัดการออกกำลังภายนอกอาคาร (Patients with respiratory depression. Avoid outdoor activities. Visitors, especially children and the elderly. Should limit outdoor exercise)
300 .. 500
Hazardous300 .. 500
อันตราย (danger)บุคคลทั่วไป ควรหลีกเลี่ยงการออกกำลังภายนอกอาคาร
สำหรับผู้ป่วยโรคระบบทางเดินหายใจ ควรอยู่ภายในอาคาร (Visitors should avoid exercising outdoors. For patients with respiratory diseases. Should stay indoors)


Untuk saat ini, skala yang digunakan untuk melaporkan stasiun pemantauan Malaysia pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia didasarkan pada API Malaysia, dan mengingat skala API hampir mirip dengan skala EPA AS, kami yakin hal ini tidak menjadi masalah. Dengan demikian. Mengenai skala di Thailand, nilai yang dipublikasikan pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia untuk stasiun pemantauan di Thailand didasarkan pada skala EPA AS.

Perhatikan bahwa kedua negara hanya memberikan 24 nilai rata-rata untuk PM 10 , dan seperti yang dijelaskan dalam postingan ini , penggunaan nilai rata-rata tidak memberikan masukan yang tepat mengenai tingkat polusi udara saat ini. Untungnya, hal ini akan berubah di masa depan, dan kedua negara juga akan mulai menyediakan data per jam secara instan.


--

Terakhir, tidak ada data PM 2.5 untuk Thailand dan Malaysia. Modernisasi jaringan pemantauan dengan sensor PM 2.5 memerlukan biaya yang besar dan waktu yang lama. Jadi, sambil menunggu pemerintah masing-masing melakukan investasi yang diperlukan, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan proposal inovatif kami untuk Meningkatkan Pengukuran Kualitas Udara menggunakan Sensor yang Terjangkau dan berbiaya rendah , yang kami lakukan pada konferensi BAQ 2014 .




--

Note: Artikel ini adalah bagian dari seri skala Kualitas Udara Seluruh Dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang negara atau benua tertentu, silakan merujuk ke artikel berikut:
Thailand dan Malaysia
-
India
-
China
-
Hong Kong / Kanada (Indeks Kesehatan Kualitas Udara)
-
Amerika Selatan
-
Australia
-
Quebec dan Montreal
-
Singapura
-
Polandia
-
Indonesia
.

Untuk informasi mengenai rata-rata 24 jam yang digunakan atau Ozon dan Materi Partikulat (PM 2.5 ), silakan merujuk ke dua artikel tersebut: Indeks Ozon Tanah - PM 2.5 Pemeran Instan


Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius