Pemantauan Kualitas Udara Satelit: Pengantar NASA WorldView
Satellite Air Quality monitoring: Introduction to the NASA WorldView

Posted on February 15th 2015
Membagikan: aqicn.org/faq/2015-02-15/satellite-air-quality-monitoring-introduction-to-the-nasa-worldview/id/

Baru-baru ini kami mendapat kehormatan untuk memulai kerja sama dengan program pemantauan Penginderaan Jauh NASA .;

Tujuannya adalah menggunakan penginderaan Kualitas Udara Jarak Jauh berdasarkan Satelit NASA untuk menentukan Kualitas Udara di area yang tidak memiliki sensor (misalnya di laut, tetapi juga di negara yang belum memiliki sensor).


Sekilas, teori penginderaan satelit jarak jauh dan algoritme yang diperlukan untuk memproses data berukuran besar ini tampak agak barbar bagi non-ilmuwan, karena harus menangani, misalnya, kumpulan data seperti Aerosol Optical Depth ( alias AOD) dan Aerosol Optical Thickness ( alias AOT). Namun sebenarnya, NASA telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam membuat datanya sangat mudah digunakan dan dipahami oleh siapa saja, namun juga tersedia secara gratis (dalam domain publik)!

Banyak topik yang akan kami tulis tentang pemanfaatan data satelit, seiring dengan kerjasama kami dengan program ARSET NASA. Namun pertama-tama, kami ingin memperkenalkan salah satu produk mereka yang disebut pandangan dunia , yang sangat mudah dan intuitif untuk digunakan, dan sangat berharga untuk diketahui oleh semua orang. Fitur yang sangat bagus dari worldview adalah kemampuannya untuk memberikan tampilan historis, sehingga Anda dapat memeriksa data setiap hari dalam beberapa tahun terakhir (dan, sekali lagi, gratis).

Gambar di bawah ini bertanggal 14 Januari, dan menunjukkan lapisan Modis Aqua bersama dengan Anomali Api dan Termal (diplot sebagai titik merah). Bagi orang-orang yang berangkat ke Singapura, pandangan ini mungkin lumrah karena EPA Singapura menyediakan pemantauan hotspot satelit, khususnya untuk memantau kebakaran yang berasal dari Indonesia.



Gambar yang sama tersedia dari server pandangan dunia NASA:https://earthdata.nasa.gov/labs/worldview/

Ini adalah kumpulan foto lain yang menunjukkan perbandingan pemandangan Thailand dan Kamboja selama dua hari. Satu dengan langit hampir cerah (di sebelah kiri), dan satu lagi dengan kabut yang terlihat (di sebelah kanan). Dengan menggunakan overlay Aerosol Optical Depth (AOD) (gambar di bawah), zona yang terdeteksi sebagai zona paling berkabut disorot dengan warna merah hingga kuning. Membandingkan gambar atas dan bawah, tidak ada keraguan bahwa menggunakan AOD adalah cara yang tepat untuk mendeteksi polusi, dan dengan demikian menentukan kuantitas PM 2.5 di udara. Itu adalah sesuatu yang akan kami tulis segera.


Januray 16th 2015 - Clear sky over Cambodia
February 11th 2015 - Visible Haze over Cambodia

Same images with the AOD overlay (yellow: thick haze - red: medium haze - blue: light haze)

Harap dicatat bahwa apa yang tampak seperti kabut tidak selalu berupa partikel - polusi PM2.5. Kabut asap dapat berupa campuran asap, debu dan polusi. Dalam beberapa kasus (lihat artikel ini ) bisa juga disebabkan oleh kelembapan.

oOo

Salah satu keterbatasan data satelit adalah bahwa data tersebut hanya tersedia setiap hari (bukan setiap jam untuk pemantauan di darat), dan tidak dapat digunakan pada kondisi langit mendung (tentu saja, satelit tidak dapat melihat awan, setidaknya untuk jangka waktu tertentu). Aqua dan Terra). Meski memiliki keterbatasan, alat ini merupakan alat hebat yang memiliki banyak kemungkinan: Menyediakan data untuk negara-negara tanpa sensor, menyediakan sumber perkiraan kualitas udara global dan seluruh dunia, ...

Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius