Kualitas Udara di Afrika dan Timur Tengah
Air Quality in Africa and Middle East

Posted on April 8th 2015
(re-edited on January 12th 2020)
Membagikan: aqicn.org/faq/2015-04-08/air-quality-in-africa-and-middle-east/id/


Flag of the African Union

Ketika berbicara tentang Kualitas Udara, negara pertama yang terlintas di benak orang adalah Tiongkok dan India, dan umumnya Asia. Bahkan dalam proyek Indeks Kualitas Udara Dunia , Asia selalu menjadi fokus utama kami sejak awal (kemungkinan besar karena di sinilah kantor pusat kami berada!).

Beberapa tahun yang lalu, pada tahun 2012, kami memutuskan untuk memperluas cakupan kami hingga mencakup tujuh benua lainnya, dimulai dengan Oseania , dan kemudian diikuti dengan Eropa dan Amerika Utara , Amerika Selatan .

Namun satu dari tujuh benua, yaitu Afrika , secara mengejutkan tertinggal dalam hal ini. Kami menerima banyak pertanyaan tentang kurangnya data ini, dan salah satu pertanyaan terakhir datang dari Said E. yang menulis:

Terima kasih telah membuat situs proyek Indeks Kualitas Udara Dunia. Ini memberikan informasi yang sangat berguna.
Satu-satunya kekhawatiran saya adalah mengapa Afrika tidak dipertimbangkan.
Sebagai informasi saya adalah warga negara Maroko.

Sebenarnya ada alasan bagus untuk mengkhawatirkan Kualitas Udara di Afrika Utara dan Timur Tengah, karena debu Sahara . Jumlah debu ini sangat besar bahkan mampu melintasi benua, dan bergerak menuju Amerika Selatan tetapi juga Eropa .


--

Kami telah melakukan banyak penelitian mengenai pemantauan Kualitas Udara yang tersedia di Afrika (dan Timur Tengah), dan hasilnya hanya dua negara di Afrika yang menyediakan data real-time di Afrika: Kedua negara tersebut adalah Senegal dan Afrika Selatan .

Untungnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam memperbarui inventarisasi Kualitas Udara Luar Ruang tahun 2014, yang tersedia di who.int/phe/health_topics/outdoorair/en/ .

Dari inventarisasinya, selain Republik Senegal dan Afrika Selatan yang sudah kami inventarisasi pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia, 4 negara lain juga memberikan pembacaannya, yaitu: Ghana, Liberia, Tanzania, dan Mauritius.

Anehnya, Maroko tidak disebutkan dimana kami menemukan bukti adanya stasiun pemantauan. Kejutan lainnya terjadi di Kenya, yang merupakan negara dimana markas besar Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP) berada. Kita mungkin berharap UNEP mengambil inisiatif untuk mendirikan stasiun pemantauan di atap gedung mereka, seperti yang dilakukan oleh konsultan Amerika di seluruh dunia.

Tidak semua negara yang disebutkan dalam laporan WHO menyediakan data yang terus menerus: bagi beberapa negara, pemantauan tersebut bersifat proyek sementara dan data hanya tersedia untuk jangka waktu terbatas. Bagaimanapun, segera setelah kami mendapatkan data dari 4 negara baru tersebut, kami akan memperbarui situs web proyek Indeks Kualitas Udara Dunia. Sementara itu, kita dapat memperoleh gambaran mengenai kondisi Kualitas Udara saat ini dengan peta di bawah ini, yang didasarkan pada rata-rata harian pembacaan satelit jarak jauh secara real-time.

Africa map with PM2.5 AQI overlay, forecasted on - Markers in blue are for Africa, and in violet for Middle East.
GhanaAccra - 4 residential and 1 roadside station in Accra
LiberiaBuchanan (rural) - 1 station: rural, 500m away from community, Osris Sanniquellie (rural) - 1 station: rural, within the community, Osiris monitors
MauritiusBeau Bassin/Rose Hill, Coromandel - 1 station: in town of Beau Bassin/Rose Hill Bramsthan, Flacq - 1 station: in Placq (rural) Midlands - 1 station: rural Port Louis - 1 station: urban St Louis city
SenegalDakar - 3 stations in capital city: 2 traffic, 1 urban for PM10; 1 station traffic for PM2.5
South AfricaCape Town (urban, total) - 7 stations: 6 urban (incl regional urban), 1 industrial Durban - 5 stations: urban, mostly residential Highveld Priority Area Network - 5 stations: residential Johannesburg - 6 stations: 2 no info, 3 background, 1 urbna/commercial/industrial Tshwane (Pretoria) (total, urban) - 6 stations: 3 no info, 3 residential/industrial Vaal Priority Area - 5 stations: urban, mostly residential Waterberg - 3 stations: residential
Unit. Rep. of TanzaniaMorogoro - 1 station, 2 measurement (during dry and wet season)

--

Bagi pembaca yang tertarik dengan Timur Tengah, WHO sedang menginventarisasi beberapa negara yang memiliki data pemantauan. Yang sudah diinventarisasi pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia adalah Uni Emirat Arab , Iran , Qatar , dan Lebanon .

Harap dicatat bahwa pada saat penulisan, Sistem pemantauan Kualitas Udara untuk Abu Dhabi / UEA tidak berfungsi, dan telah dalam pemeliharaan selama beberapa bulan (sejak Musim Panas 2014). Namun Sistem pemantauan untuk Dubai berfungsi.

AfghanistanKabul - ISAF HQ - 1 station: urban Mazar-e Sharif - Camp Northern Lights - 1 station: urban outskirts
EgyptCairo - 48 stations (8 industrial, 9 urban, 5 residential, 10 traffic, 4 remote, 12 mixed) Delta cities - 13 stations (4 industrial, 4 urban, 2 residential, 1 remote, 2 mixed)
IranAhvaz - 1 station (residential) Khoramabad - 8 stations, covering the metropolis area Tehran - 7 stations with valid data: no information given about sites
JordanAmman - 4 stations: 2 high and 2 low pollution areas
LebanonBeirut - 3 stations in 1 city Tripoli - 01/2008-06/2008 (6 months)
PakistanKarachi - 3 stations in various location: 1 unknown, 1 industrial/residential, 1 commercial/residential Lahore - Johar Town - 1 station: residential Peshwar - 1 station: N/A Rawalpindi - 1 station: residential
BahrainHamad Town - 1 Residential urban station Hidd - 1 Residential urban station Ma'ameer - 1 Residential Industrial station (Mixed) Nabih Saleh - 1 Urban background station Ras Hayan - 1 Rural background station
OmanMuscat - 4 stations in 1 city: 1 commercial, 2 industrial, 1 unknown
QatarAl Wakrah - Mobile Station Doha - 3 stations
Saudi ArabiaJeddah - 7 stations: 3 residential, 3 urban and 1 suburban
United Arab EmiratesAbu Dhabi - 2 stations: 2 urban/residential Al Ain - Urban/ Residential -Al Ain School - 1 station: urban/residential Al Gharbia - Biya Zayed - 1 station: no information given

--



Extract of the World Health Organization Ambient (outdoor) air pollution in cities database

...
Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius