Pengenalan visual Indeks Kualitas Udara - sebuah kasus yang diterapkan di Hanoi
Visual recognising the Air Quality Index - a case applied to Hanoi

Posted on February 8th 2015
Membagikan: aqicn.org/faq/2015-02-08/visual-recognising-the-air-quality-index-a-case-applied-to-hanoi/id/

Awal pekan ini (Februari 2015), kami mendapat beberapa pertanyaan dari warga Hanoi yang bertanya-tanya tentang Indeks Kualitas Udara yang ditampilkan di halaman Hanoi ( city/vietnam/hanoi ).

Alasan utama dilakukannya penyelidikan ini adalah karena Indeks Kualitas Udara yang ditampilkan pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia berada pada level sekitar 50 (AQI hijau), sedangkan jarak pandang luar ruangan di Hanoi terlihat seperti ini:


Sebagai referensi, pada hari yang sama di Beijing dimana Indeks Kualitas Udara di Beijing berada pada level 180, visibilitasnya terlihat seperti gambar ini:



Salah satu komentar menarik mengenai gambar di atas untuk Beijing adalah bahwa bagian kanan gambar memiliki visibilitas yang lebih buruk dibandingkan bagian kiri. Hal ini sebenarnya normal, polusi tidak selalu seragam, dan bergantung pada arah angin, satu bagian kota bisa mempunyai kualitas udara yang relatif baik sementara bagian lainnya bisa jauh lebih buruk.



oOo

Ketika membandingkan jarak pandang untuk Hanoi dan Beijing (lihat gambar di sebelah kanan untuk perbandingan tampilan yang diperbesar), tidak ada keraguan bahwa Kualitas Udara untuk kedua kota tersebut berada pada tingkat yang sama, dan, tentu saja, dibandingkan jika AQI Beijing adalah sekitar 180, maka kemungkinan besar AQI dibandingkan Hanoi jauh lebih tinggi dari 50.

Namun, perlu diingat bahwa terkadang, buruknya jarak pandang disebabkan oleh kelembapan yang tinggi, bukan polusi udara (kabut asap). Cara termudah untuk membedakan kelembapan dan kabut asap adalah dengan memeriksa warna kabut. Jika warnanya kuning atau abu-abu, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh kabut asap. Namun jika warnanya putih bersih, kemungkinan besar yang Anda lihat adalah uap air (yaitu kelembapan).

Jika Anda masih ragu, Anda juga dapat merujuk ke prakiraan Kualitas Udara untuk wilayah Anda: Prakiraan selalu dimulai dengan hari ini, sehingga Anda dapat memeriksa dari frame pertama animasi prakiraan tingkat AQI untuk kota Anda.

oOo

Ketika Anda melihat masalah tersebut dengan Kualitas Udara yang dilaporkan - silakan kirim email kepada kami dan kami akan melakukan tindakan yang diperlukan untuk memeriksa, memverifikasi data, dan menghubungi EPA setempat yang relevan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Masalah dengan Hanoi sebenarnya adalah masalah pada stasiun pemantauan itu sendiri yang mengeluarkan nilai terlalu rendah. Setelah masalah teridentifikasi dan diketahui dengan baik, tidak butuh waktu lama bagi EPA (Badan Perlindungan Lingkungan) setempat di Hanoi untuk memperbaiki masalah tersebut dan membuat stasiun pemantauan berfungsi normal kembali. Sekali lagi terima kasih banyak kepada Hanoi EPA atas upaya dan tindakan cepatnya.

Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius