Pemantauan Kualitas Udara secara real-time di Indonesia
Real-time Air Quality monitoring in Indonesia

Posted on July 18th 2015
Membagikan: aqicn.org/faq/2015-07-18/real-time-air-quality-monitoring-in-indonesia/id/
Indonesia monitoring stations with real-time Air Quality forecast overlay

Data Kualitas Udara real-time kini tersedia untuk Indonesia. 10 stasiun yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia mengukur polusi PM 10 secara real-time.

Stasiun pemantauan dioperasikan oleh BMKG ( Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ), Departemen Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia.


oOo

Stasiun yang saat ini aktif berlokasi di: Central Jakarta City, Medan City, Pekanbaru City, Jambi City, Palembang City, Pontianak, Banjarbaru City, Samarinda City.

oOo

Seperti yang kami jelaskan di salah satu artikel kami sebelumnya , semua angka AQI yang dipublikasikan pada proyek Indeks Kualitas Udara Dunia saat ini [1] menggunakan standar EPA AS.

Meskipun EPA di Indonesia telah menetapkan (seperti negara lain) skala AQI-nya sendiri, yang disebut 'IPSU' ( Indeks Standar Pencemar Udara ), hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah karena breakpoint yang digunakan dalam standar Indonesia untuk PM 10 sebenarnya lebih ketat. daripada standar EPA AS! Grafik di sebelah kanan menunjukkan perbandingan skala PM 10 AQI untuk Tiongkok, AS, dan Indonesia.


oOo

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah tidak tersedia pemantauan real-time PM 2.5 secara real-time. Hal ini sebenarnya merupakan praktik umum di Asia Selatan, karena banyak negara tetangga yang memiliki data Kualitas Udara (yaitu Thailand, Malaysia, dan Brunei) juga hanya menyediakan PM 10 (kecuali Filipina dan Vietnam).

Meskipun kami mengandalkan BMKG untuk menyiapkan stasiun pemantauan PM 2.5 yang diperlukan (mudah-mudahan dimulai di Jakarta), ada baiknya kita mempertimbangkan untuk melihat laporan penelitian kami untuk mengurangi PM 2.5 dari PM 10 .

Perlu diperhatikan bahwa agar benar-benar relevan dan akurat, rumus konversi PM 2.5 ke PM 10 AQI yang dijelaskan dalam laporan perlu diadaptasi di Jakarta karena 'jenis debu' khas di Indonesia berbeda dengan Korea Selatan (kesimpulan dalam laporan penelitian adalah berdasarkan data Korea Selatan).

Ini sebenarnya sesuatu yang mungkin akan kami uji coba bersama dengan BMKG , jadi pantau terus (kami akan memperbarui artikel ini).


oOo

Ringkasan tingkat AQI, kode warna dan deskripsi yang digunakan di Indonesia:

US EPAIndonesia
rangecolorlevelrangecolorleveldescription (for PM10)
0 .. 50
Good0 .. 50
BaikTidak ada efek
50 .. 100
Moderate50 .. 100
SedangTerjadi penurunan pada jarak pandang
100 .. 150
Unhealthy for Sensitive Groups100 .. 200
Tidak SehatJarak pandang turun dan terjadi pengotoran debu di mana-mana
150 .. 200
Unhealthy
200 .. 300
Very Unhealthy200 .. 300
Sangat Tidak SehatMeningkatnya sensitivitas pada pasien berpenyakit asthma dan bronhitis
300 .. 500
Hazardous300 .. 500
BerbahayaTingkat yang berbahaya bagi semua populasi yang terpapar




--

Note: Artikel ini adalah bagian dari seri skala Kualitas Udara Seluruh Dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang negara atau benua tertentu, silakan merujuk ke artikel berikut:
Thailand dan Malaysia
-
India
-
China
-
Hong Kong / Kanada (Indeks Kesehatan Kualitas Udara)
-
Amerika Selatan
-
Australia
-
Quebec dan Montreal
-
Singapura
-
Polandia
-
Indonesia
.

Untuk informasi mengenai rata-rata 24 jam yang digunakan atau Ozon dan Materi Partikulat (PM 2.5 ), silakan merujuk ke dua artikel tersebut: Indeks Ozon Tanah - PM 2.5 Pemeran Instan



[1] Kami sekarang sedang mengerjakan opsi yang memungkinkan pengguna memilih skala AQI apa pun yang mereka inginkan.

Klik di sini untuk melihat semua entri FAQ
  • AQI Scale: What do the colors and numbers mean?
  • Using Statistical Distances for Real-time Sensor Networks Validation
  • Nitrogen Dioxyde (NO2) in our atmosphere
  • Tentang Pengukuran Kualitas dan Polusi Udara:

    Tentang Tingkat Kualitas Udara

    -Nilai Indeks Kualitas Udara (AQI).Tingkat Kekhawatiran Kesehatan
    0 - 50BaikKualitas udara dianggap memuaskan, dan polusi udara menimbulkan sedikit atau tanpa risiko
    51 -100ModeratKualitas udara dapat diterima; Namun, untuk beberapa polutan mungkin ada kekhawatiran kesehatan yang moderat untuk sejumlah kecil orang yang sangat sensitif terhadap polusi udara.
    101-150Tidak Sehat untuk kelompok orang yang sensitifAnggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan. Masyarakat umum tidak mungkin terpengaruh.
    151-200Tidak sehatSetiap orang mungkin mulai mengalami efek kesehatan; anggota kelompok sensitif dapat mengalami efek kesehatan yang lebih serius
    201-300Sangat Tidak SehatPeringatan kesehatan untuk kondisi darurat. Seluruh penduduk lebih mungkin terpengaruh.
    300+BerbahayaPeringatan kesehatan: semua orang mungkin mengalami efek kesehatan yang lebih serius

    Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kualitas dan Polusi Udara, lihat topik Kualitas Udara di wikipedia atau panduan airnow tentang Kualitas Udara dan Kesehatan Anda .

    Untuk nasihat kesehatan yang sangat berguna dari Dokter Beijing Richard Saint Cyr MD, periksa blog www.myhealthbeijing.com .


    Pemberitahuan Penggunaan: Semua data Kualitas Udara tidak divalidasi pada saat publikasi, dan demi jaminan kualitas maka data ini dapat diubah, tanpa pemberitahuan, kapan saja. Proyek Indeks Kualitas Udara Dunia telah menerapkan semua kemampuan dan kepedulian yang cukup dalam mengumpulkan isi informasi ini dan dalam keadaan apa pun World Air Quality Index tim proyek atau agennya bertanggung jawab dalam kontrak, gugatan atau jika ada kerugian, cedera atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung dari pasokan data ini.



    Settings


    Language Settings:


    Temperature unit:
    Celcius